Senin, 11 Juni 2012

HERPES GENITALIS


HERPES GENITALIS

PENGERTIAN HERPES GENITALIS
Genital Herpes atau lebih dikenal dengan herpes genitalis (herpes kelamin) adalah PMS yang disebabkan oleh Virus Herpes Simplek yang ditularkan melalui hubungan seksual baik vaginal, anal atau oral yang menimbulkan luka atau lecet pada bagian kelamin dan mengenai pada bagian langsung pada luka, bintil atau kutil. Virus ini dapat meng hilang sementara waktu, tetapi sesungguhnya tetap tidak dapat sepenuhnya dihilang kan, bahkan obat cydofir (zovirox) saja yang biasa diresepkan
untuk penderita genital herpes hanya dapat meringankan gejalagejalanya, tetapi tidak benarbenar menyem buhkan penderita.

PENYEBAB PENYAKIT HERPES GENITALIS
Penyakit menular seksual herperpes genitalis disebabkan oleh Virus Herpes Simplek yang ditularkan melalui hubungan seksual baik vaginal, anal atau oral.

GEJALA PENYAKIT HERPES GENITALIS
Gejala pada serangan pertama umumnya lebih berat dibandingkan ketika kambuh. Sebelum timbul lecet biasanya diawali dengan keluhan pegalpegal pada otot disertai demam (terutama pada serangan pertama), pembengkakan pada kelenjar lipatan paha, nyeri kadang gatal serta kemerahan pada tempat yang terkena. Masa inkubasi 126 hari, ratarata 67 hari. Masa Inkubasi merupakan rentang waktu sejak masuknya penyakit kedalam tubuh hingga timbulnya penyakit tersebut. Pada penderita perempuan biasanya timbul di sekitar kelamin, dinding liang kemaluan dan kadangkadang disekitar anus. Sedang pada penderita Lakilaki biasanya pada batang atau kepala penis serta disekitar anus.

PENULARAN HERPES GENITALIS
Penyakit ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual baik vaginal maupun oral.

PENCEGAHAN PENYAKIT  HERPES GENITALIS
Saran-saran untuk mencegah herpes genital adalah sama dengan yang untuk mencegah penyakit menular seksual lainnya. Kuncinya adalah untuk menghindari terinfeksi dengan HSV, yang sangat menular, pada waktu lesi ada. Cara terbaik untuk mencegah infeksi adalah menjauhkan diri dari aktivitas seksual atau membatasi hubungan seksual denagn hanya satu orang yang bebas infeksi. Pendek kata, Anda dapat:
1.      Gunakan, atau pasangan Anda gunakan, sebuah kondom lateks selama setiap kontak seksual
2.      Batasi jumlah pasangan seks
3.      Hindari hubungan seksual jika pasangan terkena herpes di daerah genital atau di mana pun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar